Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Armada RI dan Terbentuknya Koarmada TNI AL

5 Desember 2023, 20:25 WIB
Hari Armada Republik Indonesia (RI) diperingati setiap tanggal 5 Desember. Armada RI merupakan suatu kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memiliki tanggung jawab sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut (AL). Hari Armada RI 2023 merupakan peringatan ke-78 sejak berdirinya pada 5 Desember 1945. Lantas bagaimana sejarah dari peringatan ini?

Melansir laman Koarmada 1, Armada RI merupakan kekuatan tempur AL yang hakekat lahir dan tumbuhnya bersamaan dengan kelahiran TNI. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Nomor A.4/2/10 tanggal 14 September 1959, ditetapkan organisasi Komando Armada Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI).

Pada 5 Desmber 1959, Kepala Staf ALRI Komodor Laut R.E. Martadinata meresmikan pembentukan Organisasi Komando Armada Republik Indonesia. Pembentukan armada tersebut menjadi sebuah peristiwa penting dalam memacu terwujudnya Angkatan Laut RI yang kuat serta modern.

Peresmian pada 1959 merupakan momentum modernisasi mengenai kekuatan Angkatan Laut yang telah dicapai, serta kekuatan Angkatan Laut telah memenuhi semua unsur kekuatan yang merupakan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), yang terdiri dari kapal atas air, kapal bawah air, dan pesawat udara. Armada RI kala itu memiliki peran cukup besar saat melakukan Operasi Trikora dan Dwikora.

Pada 6 Agustus 1963, berdasarkan Skep Men/Pangla Nomor 5401.35 mengenai Organisasi Komando Armada perlu direorganisasi untuk penyesuaian dengan perkembangan kebutuhan serta keadaan administratif maupun operasional.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Tari Oktaviani
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:The Future Ancient Now - Nathan Moore

#HariArmadaRI #Koarmada #JernihkanHarapan


Artikel Terkait:
https://nasional.kompas.com/read/2023/12/04/22000061/sejarah-hari-armada-ri-dan-terbentuknya-koarmada
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke