Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: Pembangunan IKN Akan Timbulkan Ketimpangan Baru

23 November 2023, 15:47 WIB

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyebut, proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menimbulkan ketimpangan baru.

Hal itu disampaikan Anies dalam acara Dailog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2023) yang disiarkan melalui TV Muhammadiyah. Awalnya, panelis yang merupakan peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Professor Siti Zuhro mempertanyakan apakah pembangunan IKN prospektif untuk Indonesia di masa depan.

Anies mengatakan, alasan pemerintah saat ini membangun IKN sebagai upaya pemerataan tidak tepat. "Kalau mau memeratakan Indonesia, maka bangun kota kecil menjadi menengah, kota menengah menjadi besar di seluruh Indonesia," ucap dia.

Proyek IKN yang kini banyak membuka lahan hutan belantara di Kalimantan Utara akan menghasilkan ketimpangan dengan daerah sekitar pembangunan. Sebab itu, alasan pemerintah untuk pemerataan dinilai berbanding terbalik dengan tindakan pembangunan IKN.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Singgih Wiryono
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Video Editor: Juan Carman
Produser: Yusuf Reza Permadi

#AniesBaswedan #IKN #IKNNusantara #JernihkanHarapan


Artikel Terkait:
https://nasional.kompas.com/read/2023/11/22/12245121/soal-ikn-anies-bangun-kota-di-tengah-hutan-timbulkan-ketimpangan-baru.

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke