Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara soal Politisasi Hukum, Mahfud: Undang-undang yang Sudah Jadi Bisa Diubah

21 November 2023, 14:29 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berbicara terkait politisasi dalam hukum. Mahfud mengatakan jika politik hukum itu merupakan hal yang baik dalam bernegara.

Mahfud mengatakan jika politisasi hukum yang tidak baik untuk bernegara. Sebab, politisasi hukum bisa dijadikan sebagai alat politik untuk merugikan pihak lain dan menguntungkan kelompok tertentu.

"Kalau politisasi hukum hukum dijadikan alat politik, sehingga kalau saya ingin ini masukkan saja pasal ini kalau ini masukkan saja pasal ini biar orang itu nggak bisa bergerak," kata Mahfud saat memberikan sambutan di acara Pembukaan Kegiatan Anugerah Legislasi 2023 Ditjen PPI Kemenkumhan di Hotel Mercure, Jakarta Utara pada Selasa (21/11/2023).

Selain itu, Mahfud juga menyinggung terkait politisasi dalam hukum yang bisa mengubah suatu Undang-Undang. Bahkan di dalam politisasi hukum itu bisa terjadi uu yang sudah jadi diubah, sudah disahkan nanti masuk ke berubah isinya, kata Mahfud.

Oleh karena itu, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu mengatakan bahwa politik hukum dan politisasi hukum adalah dua hal yang berbeda.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Pramulya Sadewa

Penulis Naskah: Pramulya Sadewa

Video Editor: Pramulya Sadewa

Produser: Okky Mahdi Yasser

#MahfudMD #PolitisasiHukum #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke