Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Kecelakaan Pesawat Super Tucano TNI AU yang Jatuh di Pasuruan

17 November 2023, 11:45 WIB

Dua pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skuadron Udara 21 TNI AU saat melakukan latihan formasi di kawasan lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis (16/11/2023) siang.

Akibatnya, empat perwira menengah TNI AU gugur. Para perwira tersebut adalah Kolonel Adm Widiono, Mayor Pnb Yuda A. Seta, Kolonel Pnb Subhan dan Letkol Pnb Sandhra Gunawan, pilot pesawat Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama Agung Sasongko Jati menyebut penyebab insiden tersebut karena cuaca buruk usai menerjang awan. Para pilot sempat hilang kontak dan saat dilacak keduanya jatuh di lereng di sisi utara pegunungan.

Sementara itu, Agung sempat mengatakan, kondisi pesawat masih bagus. Bahkan perawatan terus dilakukan dan dipastikan sudah layak sebelum digunakan untuk misi. Agung juga menyampaikan terima kasih pada warga dan seluruh anggota komunitas pecinta alam yang telah membantu dalam evakuasi para korban.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Jurnalis Video: Imron Hakiki
Penulis : Michael Hangga Wismabrata
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Juan Carman
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik: Final Girl - Jeremy Blake

#PesawatTNIAUJatuh #PesawatJatuh #SuperTucano #JernihkanHarapan


Artikel Terkait:
https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/17/053200178/fakta-insiden-pesawat-tni-au-super-tucano-jatuh-di-pasuruan-4-perwira-gugur

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke