Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jet Falcon 8X Pesanan Prabowo dari Perancis Tiba di Indonesia

9 November 2023, 20:43 WIB

Indonesia kedatangan pesawat Falcon 8X produksi dari Dassault Aviation, Perancis. Pesawat dengan nomor registrasi A-0801 itu tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/11/2023) dan diterima langsung oleh Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo. Proses kedatangan pesawat juga diiringi water salute dan penyiraman kembang oleh Fadjar.

Nantinya, pesawat Falcon 8X A-0801 diperuntukkan bagai pimpinan TNI atau sebagai pesawat angkut militer VIP dan VVIP. Pesawat akan bermarkas di Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma. Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati mengatakan, pesawat Falcon 8X A-0801 akan menggantikan pesawat Falcon 7x dan Falcon 8X yang sebelumnya tiba pada Desember 2022.

Itu (Falcon 8X A-0801) pengganti pesawat yang lama, karena yang lama hanya dipinjamkan untuk latihan, kata Agung saat dikonfirmasi, Kamis (9/11/2023). Adapun pesawat Falcon 8X dirancang untuk mendukung tugas-tugas pimpinan dengan keunggulan dalam jangkauan tempuh yang jauh dan kemampuan pendaratan yang baik di landasan pendek.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Video Editor: Rizkia Shindy
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik: I Had a Feeling - TrackTribe

#TNIAU #Falcon8X #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke