Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Dudung Mau Ngajar dan Bertani Usai Pensiun dari TNI

7 November 2023, 22:21 WIB

Mantan Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman mengaku ingin mengajar sebagai dosen dan bertani selepas pensiun. Hal itu diutarakan Dudung selepas ia dikukuhkan sebagai guru besar Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM).

Ngajar, ya bertani, hahaha. Alhamdulillah, ya ngajar lah, cari sesuap nasi, kata Dudung kepada awak media di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023). Dudung mengaku, telah mengajar sebagai dosen STHM sejak 2019. Ia fokus mengajar mata kuliah manajemen operasi militer perang dan operasi militer selain perang.

Manajemen saya ngambilnya. OMP (operasi militer perang) dan OMSP (operasi militer selain perang), ujar Dudung. Dudung dikukuhkan sebagai guru besar STHM pada hari ini. Pengukuhan itu digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan, yang dipimpin oleh Jenderal TNI (Purn) Abdullah Mahmud (AM) Hendropriyono selaku Ketua Senat Guru Besar STHM. Pengukuhan tersebut sekaligus menjadikan Dudung sebagai perwira aktif pertama TNI AD yang menjadi guru besar.

Dalam orasi ilmiahnya dalam pengukuhan sebagai guru besar, Dudung membuat karya ilmiah berjudul Pengaruh Geopolitik dan Geostrategi kepada Kepemimpinan TNI AD Dalam Rangka Menciptakan Ketahanan Nasional.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis : Nirmala Maulana Achmad

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Agung Setiawan

Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik:The Future Ancient Now - Nathan Moore

#DudungAbdurachman #STHM #KSAD #TNI #JernihkanHarapan

Artikel Terkait:

https://nasional.kompas.com/read/2023/11/07/14011371/demi-sesuap-nasi-usai-pensiun-dudung-saya-mau-ngajar-dan-bertani.

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke