Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Putin Tuding Negara Barat Hancurkan Sistem Ekonomi Global

Ekonomi global sedang mengalami perubahan yang sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa beberapa negara Barat menghancurkan sistem hubungan keuangan, ujar Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (12/9/2023).

"Kita tahu dan dapat melihat bagaimana ekonomi global telah berubah dan terus berubah dalam beberapa tahun terakhir, mengingat beberapa negara, terutama negara-negara Barat, menghancurkan sistem hubungan keuangan, perdagangan, dan ekonomi yang mereka bangun sendiri," kata Putin dalam pidatonya saat sesi pleno Forum Ekonomi Timur (Eastern Economic Forum/EEF) ke-8.

Dia menuturkan bahwa dalam konteks ini, kerja sama bisnis yang nyata antara negara-negara yang memilih untuk tidak tunduk pada tekanan eksternal semakin meluas. Negara-negara itu lebih memilih untuk mengikuti kepentingan mereka sendiri, kata Putin.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Agung Setiawan
Produser: Yusuf Reza Permadi

Musik: Familiar Things - The Whole Other

#VladimirPutin #Putin #Rusia #JernihkanHarapan

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com