Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Boss Eternit Asbes Dipenjara atas Kematian Warga Italia, Bagaimana di Indonesia?

Seorang miliarder Swiss dijatuhi hukuman 12 tahun penjara atas tuduhan pembunuhan berencana terkait dengan kematian ratusan orang akibat paparan asbes. Stephan Schmidheiny, mantan pemilik perusahaan produksi semen Eternit Italia, dijatuhi hukuman oleh pengadilan di Novara setelah dinyatakan bersalah atas kematian 392 orang di Casale Monferrato.


Dari seluruh korban, 60 orang merupakan pekerja pabrik, sementara sisanya tinggal di kota atau daerah sekitarnya. Stephan Schmidheiny, diadili karena menurut hukum Italia, pemilik perusahaan dianggap bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan atau kematian di tempat kerja.


Jaksa penuntut Gianfranco Colace, yang menuntut hukuman seumur hidup, berargumen bahwa Schmidheiny sadar bahwa asbes membunuh, tetapi tetap melanjutkan perbuatannya.


Simak selengkapnya dalam video berikut.

__________

Host: Vanessa Benedicta

Video Editor: Vanessa Benedicta

Produser: Nibras Nada Nailufar

#Asbes #Asbestos #Asbestosis #bahayaasbes #kreasikompascom

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com