Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Erdogan Pertahankan Kekuatannya Usai Menang Putaran Kedua Pilpres Turkiye

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan kembali memenangi Pemilu Presiden (Pilpres) Turkiye, Minggu (29/5/2023). Hasil ini mengantarkan Erdogan pada periode ketiga masa jabatannya sebagai Presiden Turkiye.

Lebih dari 99 persen kotak suara telah dibuka dan Ketua Dewan Pemilihan Turkiye mengonfirmasi kemenangan Erdogan. Dalam pidato kemenangannya, Erdogan berterima kasih kepada rakyatnya karena telah memercayainya sebagai presiden hingga lima tahun ke depan.

Penantang Erdogan, Kemal Kilicdaroglu, berkampanye dengan janji untuk memperbaiki demokrasi yang mundur di masa kepemimpinan Erdogan. Selain itu dia berjanji untuk memperbaiki ekonomi dan meningkatkan hubungan dengan negara-negara Barat. Dia mengatakan pemilihan itu berlangsung dengan tidak adil, karena semua sumber daya negara dimobilisasi untuk Erdogan.

Pendukung Erdogan turun ke jalan untuk merayakan kemenangannya. Mereka mengibarkan bendera Turkiye atau partai yang berkuasa, membunyikan klakson mobil dan meneriakkan namanya. Tembakan perayaan terdengar di beberapa lingkungan Istanbul.

Erdogan telah memimpin Turkiye selama 20 tahun. Dia menang dalam pemilihan putaran pertama pada 14 Mei lalu, namun gagal meraih 50 persen suara sehingga harus dilanjutkan putaran kedua. Ini merupakan kegagalan pertama baginya untuk memenangi pemilu secara langsung. Namun, dia menebusnya pada hari Minggu.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Host: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Musik: Politic-fa sounds

Baca artikel terkait: https://www.kompas.com/global/read/2023/05/29/052939970/erdogan-menang-pilpres-turkiye-jadi-presiden-3-periode-janjikan-persatuan

#PemiluTurki #Erdogan #Turkiye #NewsUpdate #JernihkanHarapan #LivestreamingKompascom

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau