Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesia Disanksi karena Tolak Israel, Bukan yang Pertama tapi Paling Blunder

FIFA resmi menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 pada Rabu (29/3/2023) malam WIB. Keputusan FIFA tak bisa diganggu gugat meski berbagai upaya telah dilakukan PSSI seperti Erick Thohir yang berbicara langsung dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Swiss. Bahkan pesan Presiden RI Joko Widodo yang dibawa oleh Erick Thohir pun tak mampu meluruhkan prinsip FIFA.


Dalam pernyataannya, FIFA menjelaskan bahwa Indonesia bakal menerima ancaman sanksi imbas dari penghapusan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Sebelumnya Indonesia juga pernah terkena sanksi FIFA pada kualifikasi Piala Dunia 1958 karena menolak bertanding dengan Israel. FIFA tidak menjelaskan alasan spesifik Indonesia batal jadi tuan rumah. Federasi sepak bola internasional itu hanya menuliskan "situasi terkini" yang menjadi landasan utama keputusan pembatalan. Memaknai "situasi terkini" dari FIFA tentu dilihat dengan kondisi yang terjadi sebelum keputusan dibuat.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

__________

Penulis Naskah: Vanessa Benedicta

Host: Vanessa Benedicta

Video Editor: Vanessa Benedicta

Produser: Nibras Nada Nailufar

#PialaduniaU20 #TimnasIndonesia #FIFA #Israel #Palestina #kreasikompascom

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com