Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Menkumham Ungkap Over Kapasitas Lapas hingga 800 Persen, DPR Tawarkan Solusi

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memaparkan 10 lembaga pemasyarakatan yang mengalami kelebihan atau over populasi di Indonesia.


Hal itu disampaikan Yasonna dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023).


Menanggapi hal ini, Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari atau Tobas menawarkan solusi atas penuhnya kapasitas rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Indonesia.


Menurutnya, Kemenkumham harus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) soal pandangan tentang penahanan tersangka.


“Misalnya, kita memiliki pandangan yang sama bahwa penahanan itu kebutuhan, bukan keharusan, maka dalam beberapa hal kita juga bisa membantu untuk mengurangi over crowded di lapas,” ujar Tobas.


Simak selengkapnya dalam video berikut.


Video Jurnalis: Nissi Elizabeth

Penulis Naskah: Nissi Elizabeth

Video Editor: Nissi Elizabeth

Produser: Okky Mahdi Yasser


#OnLocation #JernihkanHarapan #YasonnaLaoly #KapasitasLapas #Kemenkumham

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com