Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Memanas, Jet Tempur Rusia Tabrak Drone AS di Laut Hitam

Jet tempur Rusia menabrak sebuah drone milik Amerika Serikat (AS) hingga di Laut Hitam, Selasa (14/3/2023). Dalam pernyataannya, Komando Eropa AS menyatakan, dua jet tempur Sukhoi milik Rusia, yakni Su-27 telah “melakukan aksi pencegatan yang tak aman dan tak profesional” terhadap drone MQ-9 milik AS yang tengah beroperasi di wilayah udara internasional di atas Laut Hitam.


Melansir Associated Press, Selasa (14/3), salah satu jet tempur serang Rusia itu disebut menghantam baling-baling drone MQ-9, hingga membuat tentara AS terpaksa menjatuhkan drone itu di perairan internasional. “Drone MQ-9 kami tengah melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional saat ia dicegat dan ditabrak oleh jet tempur Rusia, mengakibatkan kecelakaan dan hilangnya MQ-9,” ujar Jenderal Angkatan Udara AS James Hecker. Pihak AS menambahkan, sebelum insiden terjadi, jet tempur Su-27 beberapa kali melakukan aksi pembuangan bahan bakar dan terbang di depan drone MQ-9 dengan cara sembrono, tak ramah lingkungan, dan tak profesional.


Simak selengkapnya dalam video berikut.


Penulis Naskah: Musayadah Khusnul Khotimah

Video Editor: Musayadah Khusnul Khotimah

Produser: Firzha Ananda Putri

Musik: Skylines - Anno Domini Beats

#DroneAS #Rusia #JetRusia #JernihkanHarapan

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com