Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dampak Invasi Rusia, Ukraina Jadi Importir Senjata Terbesar di Dunia

Invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan lonjakan arus bantuan militer dari Amerika Serikat dan Eropa ke Kyiv. Lantas hal itu membuat Ukraina menjadi importir senjata terbesar ketiga di dunia pada 2022. Selain Ukraina, juga terjadi peningkatan impor senjata yang dilakukan oleh Qatar selama 1 dekade terakhir.

Selain itu India juga tercatat sebagai negara yang melakukan pengimporan senjata terbanyak pada tahun ini. Terkait hal itu, selama 3 dekade terakhir Amerika Serikat dan Rusia tercatat sebagai negara pengekspor senjata terbesar di dunia.

Sementara pengekspor senjata ketiga terbesar setelah kedua negara tersebut adalah Perancis. Di sisi lain, akibat operasi militer khusus Rusia, kini Moskwa membatasi ekspor senjatanya, lantaran tengah memprioritaskan pasokan senjata untuk pasukannya sendiri.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Dariz Kartika

Narator: Dariz Kartika

Video Editor: Farah Chaerunniza

Produser: Elizabeth Prillia Yahya Carvallo

Musik: Oceanography - Trout Recording

#Ukraina #ImporSenjata #JernihkanHarapan

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com