Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NR #37: Indonesia Punya Goa Bawah Laut! Potensi Pariwisata 'Negeri Seribu Goa' ada di Buton Tengah?

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!


Kabupaten Buton Tengah di Sulawesi Tenggara memiliki potensi wisata alam berupa gua bawah laut terpanjang di dunia. Gua bawah laut ini termasuk satu yang keberadaanya hanya ada tiga di dunia. Sebagai kawasan yang mendapat julukan Negeri 1.000 Gua, Pemerintah Buton Tengah berupaya memaksimalkan potensi tersebut menjadi salah satu kekuatan pariwisata nasional. Potensi alam tersebut menjadi motivasi Pemerintah Kabupaten Buton Tengah dalam meningkatkan sektor perekonomian dengan mengintegrasikan peran UMKM.


Pemerintah mengemas pariwisata berbasis UMKM dengan menghimpun para pelaku UMKM ke ke dalam koperasi modern. Hasilnya, peran koperasi mampu meningkatkan daya saing para pelaku UMKM untuk menghasilkan produk yang tak kalah berkualitas dengan produk dari luar.


Dalam mengelola pariwisata berbasis UMKM ini, pemerintah Buton Tengah membutuhkan peran kolaboratif bersama pihak lain, melalui strategi penta heliks untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada. 


Bagaimana strategi tersebut? Simak obrolan lengkapnya bersama Pj. Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup, S.E., M.Si. hanya di Nusaraya.



#nusaraya #bupatibutontengah #muhammadyusup #kcm #jernihmelihatdunia

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com