Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kenali Gejala Virus Covid-19 Kraken yang Sudah Masuk ke Tanah Air

Virus corona varian Omicron kembali mengalami mutasi dan varian tersebut dikenal sebagai varian Kraken. Dilansir dari Standard, (11/1/2023), Kraken adalah variasi baru yang dikenal sebagai varian XBB.1.5. 


Virus ini dikabarkan telah mengakibatkan sekitar 40 persen kasus Covid di AS. Varian Covid-19 Kraken juga dikonfirmasi telah terdeteksi setidaknya di 74 negara, termasuk Indonesia, Amerika Serikat, India, Pakistan, Inggris, China, dan Australia. 


Pemerintah Indonesia mengungkapkan, varian Kraken sudah terdeteksi di Indonesia pada Rabu (25/1/2023). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, varian Kraken yang ada di Indonesia berasal dari warga Polandia yang mengunjungi Indonesia pada 6 Januari 2023. 


“Dilaporkan bahwa varian ini sudah ditemukan, dari orang Polandia, dan itu dia kenanya di Balikpapan,” ujar Menkes Budi saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023). 


Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut. 


Video Jurnalis: NIS 

Penulis: Alicia Diahwahyuningtyas 

Penulis Naskah: Talitha Yumnaa 

Video Editor: Talitha Yumnaa

Produser: Khairun Alfi Syahri MJ 

Musik: Clogs in the Bog - Cy Curnin 


#JernihkanHarapan 


Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com