Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Viral Video Cahaya Putih Melintas di Gunung Merapi, Apa Itu?

Sebuah video yang memperlihatkan sebuah benda asing bercahaya putih melintasi langit Gunung Merapi viral di media sosial.

Video tersebut diunggah di akun Instagram @merapi_uncover pada Rabu (25/1/2023). Fenomena itu terekam kamera CCTV pada Selasa (24/1/2023) pukul 01.30 WIB.

Saat dikonfirmasi, peneliti Pusat Antariksa dari Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Andi Pangerang mengatakan bahwa benda tersebut adalah satelit Falconsat-3.

Andi menjelaskan, satelit Falconsat-3 itu mengalami atmospheric reentry alias jatuh ke Bumi.

Benda tersebut terpantau bergerak dari barat daya ke timur laut dan cocok dengan model lintasan Falconsat-3 saat jatuh ke Bumi.

Hal itu lantaran satelit tersebut sudah tidak aktif. Sebab, satelit Falconsat-3 tercatat sudah beroperasi selama 16 tahun.

Andi pun memperkirakan satelit Falconsat-3 tersebut jatuh di Samudera Hindia. Terkait fenomena jatuhnya satelit ini, Andi menyebut bahwa tidak akan berdampak bagi manusia.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Alinda Hardiantoro

Penulis Naskah: Timothy Afryano

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Alfiyan Oktora Atmajaya

Produser: Rose Komala Dewi

Music: Fern - ann annie

#JernihkanHarapan #GunungMerapi #Satelit

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com