Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Awali 2023, Kroasia Gabung Zona Schengen dan Pakai Euro

Kroasia pada Minggu (1/1/2022) beralih ke mata uang euro dan memasuki zona bebas paspor Eropa, dua tonggak utama bagi negara itu setelah bergabung dengan Uni Eropa hampir satu dekade lalu.

Negara Balkan itu pada Sabtu (31/12/2022) tengah malam waktu setempat, mengucapkan selamat tinggal pada mata uang kuna Kroasia dan menjadi anggota ke-20 zona euro.

Kroasia adalah negara ke-27 di zona Schengen bebas paspor – yang terbesar di dunia – yang memungkinkan lebih dari 400 juta orang bergerak bebas di sekitar negara anggotanya.

Sejumlah pakar mengatakan, adopsi euro akan membantu melindungi ekonomi Kroasia ketika inflasi di seluruh dunia melonjak pasca invasi Rusia ke Ukraina, yang telah membuat harga pangan dan bahan bakar melambung tinggi.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Danur Lambang Pristiandaru

Penulis Naskah: Anggie Puspariana

Narator: Anggie Puspariana

Video Editor: Ivan Khabibu Rochman

Produser: Agung Wisnugroho

Musik: Epic Hip-Hop Sport by Infraction

#Kroasia #MataUangEuro #Schengen #JernihkanHarapan

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com