Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komandan Militer di Donetsk Yakin Rusia Bisa Menang jika Pakai Nuklir

Komandan milisi pro-Rusia di Donetsk, Alexander Khodakovsky, menyatakan bahwa senjata nuklir mungkin adalah satu-satunya cara agar Moskwa menang dalam perang di Ukraina. Pernyataan itu disampaikan Khodakovsky ketika muncul di stasiun televisi Pemerintah Rusia. Video Khodakovsky tersebut kemudian diterjemahkan dan diunggah ke Twitter oleh reporter BBC, Francis Scarr.

Dia mengatakan, otoritas militer Rusia menyadari bahwa sumber daya mereka memiliki batasan, sebagaimana dilansir Newsweek. “Semua orang menyadari bahwa spiral eskalasi berikutnya hanya bisa menjadi tahap perang nuklir,” kata Khodakovsky. Khodakovsky berujar, Rusia dapat menggunakan senjata nuklir jika NATO melewati batas tertentu dan terlibat langsung dalam konflik militer. Sejauh ini, Barat membatasi keterlibatannya dalam perang di Ukraina, contohnya dengan menyuplai persenjataan atau memberikan pelatihan.

Pasalnya, pengiriman langsung personel militer dari Barat ke medan perang di Ukraina kemungkinan akan menyebabkan pertempuran dahsyat. Khodakovsky mengakui bahwa Rusia tidak memiliki kemampuan untuk melawan keseluruhan NATO menggunakan senjata konvensional.

Simak selengkapnya dalam video berikut.


Penulis: Danur Lambang Pristiandaru

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Farah Chaerunniza

Produser: Khairun Alfi Syahri MJ

Music: Follow That Car - Global Genius

#Nuklir #Rusia #Ukraina #JernihkanHarapan

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com