Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Banjir Landa Ibu Kota Republik Demokratik Kongo, 100 Penduduk Tewas

Banjir melanda ibu kota Republik Demokratik Kongo, Kinshasa pada Selasa (13/12/2022), hingga menyebabkan sekitar 100 orang tewas. Ini termasuk bencana banjir terburuk yang pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir setelah hujan sepanjang malam.

Ibu Kota Kinshasa telah melihat masuknya populasi besar dalam beberapa tahun terakhir. Banyak tempat tinggal adalah rumah kumuh yang dibangun di lereng yang rawan banjir, dan kota ini menderita drainase dan saluran pembuangan yang tidak memadai.

Longsor besar terjadi di distrik perbukitan Mont-Ngafula, yang menutupi rute pasokan utama, pelabuhan di bawah Sungai Kongo, dan jalan keluar ke Samudera Atlantik.

Perdana Menteri Republik Demokratik Kongo Jean-Michel Sama Lukonde, mengatakan sebanyak 20 orang di sana tewas akibat longsor itu.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: David Satya Putra

Narator: David Satya Putra

Video Editor: Bernard Siahaan

Produser: Khairun Alfi Syahri MJ

Musik: Born Again by Text Me Records _ Jorge Hernandez

#JernihkanHarapan #BanjirKongo #Kinshasa

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com