Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bisakah Mengamati Gerhana Bulan Total 8 November 2022 Saat Cuaca Hujan

Fenomena Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada Selasa (8/11/2022) malam dikhawatirkan tidak dapat disaksikan saat cuaca hujan.

Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (ORPA BRIN) menyebut, puncak Gerhana Bulan Total dapat disaksikan mulai pukul 18.00 WIB atau 19.00 WITA atau 20.00 WIT.

Gerhana Bulan Total kali ini terjadi dengan durasi total selama 1 jam, 24 menit, 58 detik dan durasi umbral selama 3 jam, 39 menit, 50 detik.

Menurut Peneliti Pusat Antariksa ORPA BRIN, Andi Pangerang, fenomena Gerhana Bulan Total tidak dapat teramati saat hujan.

Andi menuturkan, solusi terbaik adalah menunggu hujan reda dan cuaca kembali cerah. Selanjutnya, mengecek apakah fase gerhana masih total, parsial, atau sudah penumbral.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Dandy Bayu Bramasta

Penulis Naskah: Timothy Afryano

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Bernard Siahaan

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: Space Monkeys Loop by Lo V

#JernihkanHarapan #GerhanaBulan #GerhanaBulanTotal

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com