Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Proyek Jalan Kawasan Hankam dan Lingkar Sepaku 4 di IKN Berlanjut

Proyek Peningkatan Jalan Kawasan Hankam dan Lingkar Sepaku 4 di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlanjut. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercayakan pekerjaan proyek ini kepada KSO PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika dan PT Prima Maju Jaya.


Proyek ini merupakan lanjutan dari Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur, dengan porsi Wika sebesar Rp 945 miliar. Perusahaan konstruksi pelat merah ini melaksanakan pekerjaan utama, yang terdiri dari pembangunan jalan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sepanjang 6,89 kilometer.


Jalan ini menghubungkan jalan nasional di Kawasan Lingkar Sepaku ke Kawasan Hankam. Pengerjaan proyek dimulai pada Oktober 2024 dan ditargetkan selesai tahun 2026.


Untuk merealisasikan proyek ini, Wika menggunakan teknologi digital Building Information Modeling (BIM) Level 5D yang dapat mengidentifikasi potensi kesalahan dalam tahap perencanaan, efisiensi biaya, serta memastikan estimasi dan kebutuhan material.


Selain itu, Wika juga membangun Multi-Utility Tunnel (MUT) yakni terowongan yang berfungsi untuk menampung semua jaringan pipa air hingga fiber optik dan kabel listrik di IKN.


Direktur Utama Wika Agung Budi Waskito mengatakan, melalui proyek ini, Wika berkomitmen membangun infrastruktur yang memberikan manfaat kemudahan akses bagi masyarakat sekaligus mendorong konektivitas di IKN.


Produser: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Packed - Density & Time

Thumbnail Background: Dok. WIKA


#IKN #IbuKotaNusantara #PUPR #WIKA

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau