Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pasokan Listrik IKN Aman 100 Persen

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan, sistem kelistrikan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), aman dan siap 100 persen mendukung kegiatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.


Sistem kelistrikan seluruhnya dirancang dengan desain berbasis listrik bersih, hijau, dan ramah lingkungan. Hal ini meliputi pasokan daya sebesar 3 MegaWatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan normal atau reguler 1,5 MW dan tambahan khusus untuk Upacara HUT RI 1,5 MW.


Pemenuhan kebutuhan listrik ini dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang sudah beroperasi dengan produksi 10 MW. Adapun sebanyak 7 MW lainnya dari total produksi 10 MW tersebut diekspor ke sistem interkoneksi di Kalimantan.


Darmawan memastikan, sistem kelistrikan yang baru ini dirancang PLN dengan teknologi yang luar biasa dan tercanggih di dunia. Selain penyediaan daya, PLN juga mempersiapkan jalur transmisi, distribusi, electric vehicle digital service, maupun kesiapan personelnya.


Saat ini, PLN sudah membangun 18 electric vehicle (EV) charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tiga lokasi yakni di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), di Stadion Batakan, Balikpapan, serta gardu umum milik perseroan.


Produser: Hilda B Alexander

Video Journalist: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Whistle - Scandinavianz (youtube.com/watch?v=X3uRV0HMfv8)


#IKN #IbuKotaNusantara #PLN #HUTRI

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau