Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kapan Arab Saudi Puasa Ramadhan 2024? Berbeda dengan Pemerintah Indonesia?

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Senin, 11 Maret 2024, setelah hilal bulan sabit Ramadhan terlihat dari pemantauan.

Penetapan Arab Saudi dan berbagai negara Timur Tengah ini berbeda dari Indonesia. Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Penetapan Kemenag itu dilakukan pada Sidang Isbat yang digelar pada Minggu (10/3/2024) menimbang posisi hilal di wilayah Indonesia belum memenuhi kriteria.

Indonesia dan negara ASEAN lain seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam menggunakan kriteria hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat. Sementara umat Muhammadiyah di Indonesia sudah menetapkan 1 Ramadhan pada 11 Maret 2024 seperti Arab Saudi.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Narator: Rizkia Shindy
Video Editor: Alfiyan Oktora Atmajaya
Produser: Mochamad Sadheli

Musik:Thunder Chant - E's Jammy Jams

#ArabSaudi #ramadhan2024 #mudik2024 #lebaran2024 #JernihkanHarapan

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com