Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kecewa Jokowi Beri Gelar ke Prabowo, Sumarsih Urungkan Niatnya Berhenti Aksi Kamisan

Aktivis hak asasi manusia (HAM) sekaligus penggagas aksi Kamisan, Maria Catarina Sumarsih, merasa kecewa ketika Presiden Joko Widodo menyematkan pangkat jenderal kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sebab, Dewan Kehormatan Perwira (DKP) pernah memutuskan memberhentikan Prabowo dari dinas kemiliteran karena terbukti terlibat penculikan dan penghilangan paksa aktivis 1997/1998 menjelang lengsernya Presiden Soeharto.

Pemberian gelar kehormatan bintang empat kepada Prabowo Subianto terasa aneh. Seorang jenderal yang diberhentikan oleh sebuah dewan yang berkompeten dan sah, telah dilakukannya.

Kini patut dipertanyakan, ada kepentingan pribadi Presiden Jokowi begitu sigap memberikan gelar kehormatan, ujar Sumarsih kepada Kompas.com, Kamis (29/2/2024) petang.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Musayadah Khusnul Khotimah
Narator: Musayadah Khusnul Khotimah
Video Editor: Galang Wahyu Permata
Produser: Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Musik: Nine Lives - Unicorn Heads

#Sumarsih #PrabowoSubianto #Jokowi #PrabowoNaikPangkat #TragediSemanggi #PenyematanGelarkePrabowo #JernihkanHarapan

Artikel Terkait
https://nasional.kompas.com/read/2024/03/02/08354971/kekecewaan-sumarsih-kepada-jokowi-urungkan-niatnya-berhenti-aksi-kamisan?page=all#page2

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com