Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Hasil Rekapitulasi di Britania Raya: Anies Menang, Suara Prabowo Terendah

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berhasil memenangi pemungutan suara yang digelar Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) London, Britania Raya.


PPLN London diketahui menggelar pemungutan suara bagi WNI yang berada di negara-negara Britania Raya, yakni Wales, Skotlandia, dan Irlandia.


Anies-Muhaimin memperoleh 1.527 suara dari total 3.675 suara sah, sedangkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 748 suara atau terendah dibandingkan dua rivalnya.


Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengumpulkan 1.400 suara.


Hasil perolehan suara ini telah dibacakan PPLN London dalam rapat pleno rekapitulasi suara tingkat nasional yang digelar KPU RI, Kamis (29/2/2024).


Sebelumnya, pada hari pertama rekapitulasi tingkat nasional, Rabu (28/2/2024), KPU telah menyelesaikan rekapitulasi di tujuh lokasi pemilihan luar negeri.


Tujuh lokasi tersebut, yakni Athena, Yunani; Perth, Australia; Manila, Filipina; Rabat, Maroko; Praha, Republik Ceko; Manama, Bahrain; dan Tokyo, Jepang.


Dari tujuh lokasi pemilihan luar negeri, Prabowo-Gibran menang di lima lokasi. Rinciannya, Athena, Manila, Praha, Manama, dan Tokyo.


Sementara itu, Anies-Muhaimin unggul di Rabat, sedangkan Ganjar-Mahfud menang di Perth.


Saat ini rekapitulasi tingkat nasional untuk lokasi pemilihan luar negeri masih berlangsung.



Simak selengkapnya dalam video berikut.


Video Jurnalis: Firda Rahmawan

Penulis Naskah: Firda Rahmawan

Video Editor: Firda Rahmawan

Produser: Nursita Sari


#JernihMemilih #AniesCakimin #Anies #BritaniaRaya

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com