Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Fakta Gresik, Kota Wali dengan Maskot Rusa Bawean

Gresik merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Dikenal dengan Gerbangkertosusilo, Gresik merupakan kabupaten industry sekaligus salah satu penyangga kota Surabaya. Dengan luas wilayah Kabupaten Gresik yang mencapai 1.191,25 kilometer persegi, mencakup Pulau Bawean yang berada 150 kilometer lepas pantai.

Kabupeten Gresik merupakan salah satu wilayah yang menjadi sumber penyebaran ajaran agama Islam di masa lalu. Pada masa Kerajaan Majapahit, Gresik dikenal sebagai kota bandar atau kota pelabuhan yang maju.

Gresik telah menjadi pusat perdagangan antar pulau hingga internasional sejak abad ke-11 Masehi. Pedagang dari negara lain seperti China, Arab, Gujarat, Kalkuta, Siam, Campa dan sebagainya banyak mengunjungi Gresik.

Selenghkapnya simak video berikut.

Penulis : William Ciputra
Penulis Naskah: Novyana Nurmita Dewi
Narator : Novyana Nurmita Dewi
Video Editor: Armitha Sathi Devi
Produser: Yusuf Reza Permadi

#KabupatenGresik #SunanGresik #WaliSongo #JernihkanHarapan #SuaraKompas #Ramadhan2022

Kembali ke video...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com