Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Nasib Empat Gedung Kemenko IKN Era Kabinet "Gemuk" Prabowo

news
23 Oktober 2024, 18:48 WIB

Pembangunan gedung kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi prioritas untuk diselesaikan pada akhir tahun 2024. Terdapat empat proyek gedung Kemenko di IKN, meliputi Gedung Kemenko 1, Gedung Kemenko 2, Gedung Kemenko 3, dan Gedung Kemenko 4.


Masing-masing gedung Kemenko memiliki empat tower, sehingga secara keseluruhan kompleks Kantor Kemenko akan memiliki 16 tower. Dalam berbagai kesempatan, sebelumnya pemerintahan Kabinet Indonesia Maju era Presiden Joko Widodo telah membagi Kemenko-kemenko yang akan menempati masing-masing gedung tersebut.


Gedung Kemenko 1 untuk Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves); Gedung Kemenko 2 untuk Kemenko Bidang Perekonomian; Gedung Kemenko 3 untuk Kemenko Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Polhukam); dan Gedung Kemenko 4 untuk Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).


Kendati demikian, era pemerintahan Jokowi telah berakhir, dan memasuki era baru yang dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto. Kepala Negara pun telah melantik jajaran menteri dan wakil menteri dalam Kabinet Merah Putih pada Senin. Prabowo juga sudah menetapkan kementerian-kementerian yang akan dipimpinnya dalam lima tahun ke depan, termasuk Kemenko.


Produser: Hilda B Alexander

Video Journalist: Christian Ricko Harianto

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Good Days - Yung Logos


#IKN #IbuKotaNusantara #PrabowoSubianto #KemenkoIKN

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi