Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Kendaraan Bermotor Kaltim Melesat 100 Persen Sejak Ada IKN

news
20 Oktober 2024, 10:31 WIB

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim Ismiati mengungkapkan bahwa penjualan kendaraan bermotor di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melesat 100 persen sejak ada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).


Menurut Ismiati, sebelum ada IKN, penjualan kendaraan bermotor mencapai hanya 12.000 unit per bulan. Setelah IKN, angka ini meroket menjadi 24.000 per bulan. Tak hanya penjualan, pungutan pajak kendaraan bemotor (PKB) pun berkontribusi signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD).


Untuk semakin mengoptimalisasi pungutan PKB dan juga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pemprov Kaltim menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 10 kabupaten/kota di Balikpapan, Kamis (17/10/2024).


Opsen PKB dan BBNKB ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menjadi salah satu komponen anggaran Pemprov Kaltim dalam penyelenggaraan pemerintahan sekaligus pembangunan di seluruh wilayah.


PKB dan BBNKB merupakan bagian dari opsen atau pungutan tambahan pajak menurut persentase tertentu yang dikenakan atas pajak terutang selain Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) yang akan berlaku secara efektif 5 Januari 2025.


Produser: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Good Days - Yung Logos


#IKN #IbuKotaNusantara #Kaltim #Balikpapan

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi