Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Kota Pindah ke IKN, Populasi Balikpapan Bertambah

news
9 Oktober 2024, 23:02 WIB

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa dampak besar bagi kota-kota penyangganya. Termasuk Balikpapan. Menurut Penjabat Sementara Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzakir, Balikpapan akan menerima jumlah penduduk yang besar sebagai dampak dari pemindahan ibu kota tersebut.


Menurutnya, penting bagi pemerintah untuk memahami karakteristik wilayah bisnis dan investasi yang akan masuk. Salah satu aspek yang harus ditingkatkan adalah pelayanan publik yang harus terukur dari segi waktu, standar, dan kecepatan.


Prosesnya perlu dihitung, termasuk percepatan dalam waktu sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas layanan. Terkait dengan kepindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN, Ahmad Muzakir mengingatkan pentingnya persiapan Pemkot Balikpapan.


Kendati ada tantangan baru, perubahan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Balikpapan. Selain itu, Pemerintah Kota Balikpapan juga harus mempersiapkan strategi untuk mengantisipasi potensi dampak negatif yang mungkin muncul.


Produser: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Tropic - Anno Domini Beats

Thumbnail Background: Shutterstock/Wang Ding


#IKN #IbuKotaNusantara #Balikpapan #KalimantanTimur

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi