Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Menyelimuti Pagi dan Malam, IKN Seperti Kota Tersembunyi

news
5 Oktober 2024, 22:22 WIB

Kabut menyelimuti Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (3/10/2024). Tak hanya subuh menjelang fajar menyingsing, kabut juga terlihat pada malam hari. Menurut Galang yang merupakan salah satu perancang Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat IKN, sepekan terakhir ini kabut menyelimuti IKN hampir setiap hari, pagi dan malam.


Dia mengibaratkan IKN sebagai kota tersembunyi, hening, minim polusi udara, hanya bunyi peralatan konstruksi bersahutan dengan kicau burung endemik Kalimantan. Menurut Galang, kabut akan makin menebal bila area hijau dan pohon-pohon yang ditanam di seluruh wilayah pengembangan IKN tumbuh.


Saat ini, progres pembangunan infrastruktur dasar IKN sudah mencapai angka 93 persen untuk Batch I dan lebih dari 50 persen untuk Batch II. Pembangunan IKN terbagi menjadi lima tahap sejak dimulai pada 2022 hingga 2045 mendatang, untuk mencapai target sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia Emas.


Dengan penekanan pada identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia. IKN dikelilingi kota-kota mitra Samarinda, dan Balikpapan, di Provinsi Kalimantan Timur. Jika kelak terbangun seluruhnya, IKN akan bertindak sebagai "syaraf" bagi wilayah pemerintah pusat dengan inovasi hijaunya.


Produser: Hilda B Alexander

Narator: Christian Ricko Harianto

Video Editor: Christian Ricko Harianto

Music Background: Packed - Density & Time

Thumbnail Background: PTPP/Galang Sinu Susilo


#IKN #IbuKotaNusantara #Kaltim #PembangunanInfrastrukturIKN

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi