Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Kemitraan: Polisi Paling Banyak Dilaporkan soal Pelanggaran HAM

news
27 September 2024, 15:49 WIB

Lembaga non-profit bernama Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan atau disingkat Kemitraan baru-baru ini melakukan penelitian terkait situasi terkini para pembela hak asasi manusia (HAM) di Indonesia. 


Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terungkap bahwa aparat kepolisian menjadi terlapor atas dugaan pelaku pelanggar HAM paling banyak dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.


Hal itu didapat peneliti dari Kemitraan berdasarkan pengumpulan data dan wawancara yang dilakukan terhadap 22 narasumber perorangan dan 16 organisasi masyarakat sipil.


“Jadi ini selaras dengan data Komnas HAM bahwa 10 tahun terakhir pelaku dugaan pelanggaran HAM yang melapor ke Komnas HAM itu dominasinya ada tiga. Pertama, kepolisian. Kedua, perusahaan. Ketiga dari pemerintah daerah,” ujar peneliti Kemitraan bernama Zainal Abidin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/9/2024).


Dalam paparannya, Zainal menjelaskan, setidaknya ada 4.438 kasus pelanggaran HAM yang diduga dilakukan kepolisian dalam kurun waktu 2014-2023.


Dari ribuan kasus dugaan pelanggaran HAM tersebut, aktivis menjadi korban terbanyak diikuti oleh mahasiswa dan wartawan.


“Kalau dilihat dari korban, mayoritas adalah aktivis. Lalu diikuti dengan mahasiswa dan jurnalis atau pembuat konten,” tutur dia


Penulis Naskah: Dzaky Nurcahyo 

Video Jurnalis: Dzaky Nurcahyo 

Video Editor: Dzaky Nurcahyo 

Produser: Abba Gabrillin 


#PelanggarHAM #Kepolisian #Kemitraan #JernihkanHarapan

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi