Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P: Tidak Masuk Akal Putusan MK Dikoreksi Lembaga Lain

news
21 Agustus 2024, 15:41 WIB

Juru Bicara PDI Perjuangan Chico Hakim memberikan pernyataan terkait dinamika soal UU Pilkada yang tengah dirapatkan di Badan Legislatif DPR.

Chico mengatakan, Baleg DPR terpantau sedang berupaya membegal putusan MK kemarin dengan rancangan undang-undang (RUU) baru demi meloloskan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep untuk maju sebagai calon kepala daerah.

Chico menilai, posisi dari MK adalah mengoreksi undang-undang yang dihasilkan oleh DPR.

"Tentu cukup tidak masuk akal apabila sebuah putusan dari MK kemudian dikoreksi lagi oleh lembaga lain, apapun itu lembaganya," kata Chico, Rabu (21/8/2024).

Lebih lanjut, Chico mengatakan, pihaknya berharap agar masyarakat patuh pada konstitusi dan menjalankan apa yang sudah menjadi putusan dari Mahkamah Konstitusi.

"Harapan kami tentu DPR tidak akan mencederai demokrasi kita dan juga menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang kemudian pada proses ini adalah yang dikonsultasikan oleh KPU terkait dengan kepentingan mengubah PKPU, sehingga bisa mengikuti apa yang sudah menjadi putusan dari Mahkamah Konstitusi kemarin," ujar dia.

Sebagai informasi, ambang batas pencalonan gubernur Jakarta dipastikan turun setelah MK memutuskan mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah melalui Putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang permohonannya diajukan oleh Partai Buruh dan Gelora.


Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut.

Video Jurnalis: Talitha Yumnaa
Penulis Naskah: Talitha Yumnaa
Video Editor: Talitha Yumnaa
Produser: Adil Pradipta
Musik: Follow That Car - Global Genius


#JernihkanHarapan

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi