Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Kirab Bendera Negara dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN

news
17 Agustus 2024, 15:27 WIB

Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi momen bersejarah dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

Pada Sabtu (10/8/2024), Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memimpin acara kirab dengan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden kepada Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Acara kirab juga melibatkan sekitar 180 Abang-None dari DKI Jakarta, 122 Purna Paskibraka Provinsi DKI Jakarta, serta siswa-siswi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), politeknik, dan pamong praja. Tak hanya itu, kesenian dan kearifan lokal juga turut diangkat untuk mengiringi kirab tersebut, menciptakan nuansa budaya yang kuat sepanjang perjalanan.

Simak berita selengkapnya dalam video berikut!

Penulis Naskah: Nabilah Safirah

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Abba Gabrillin

#Jokowi #IKN #HUTke79RI #17Agustus #UpacaraKemerdekaandiIKN #JernihkanHarapan

Jelajahi Tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkait
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Video Terkini
Jelajahi