Tanah Air Episode Tabut Bagian 4

Selasa, 22 Oktober 2013 | 10:58 WIB

Ritual adat Tabut sudah hadir sejak tujuh abad yang lalu di Bengkulu. Tabut sendiri merupakan ritual milik kaum Syiah yang dibawa ke wilayah kaum Sunni. Ritual yang berkaitan erat dengan syiah ini juga sering disebut sebagai perbuatan syirik. Hal ini karena sesajen yang sering digunakan selama ritual berlangsung.

Namun tidak sedikit pula yang menganggap Tabut sebagai simbol toleransi antargolongan. Karena Tabut merupakan bukti nyata bahwa antara kaum Syiah dan Sunni dapat hidup berdampingan tanpa pertikaian. Seperti yang sering terjadi antara kaum Syiah dan Suni di negara-negara Timur Tengah. Toleransi ini menarik minat tersendiri bagi orang luar. Khususnya para seniman kebudayaan dari Iran yang rutin mendatangi Bengkulu untuk berpartisipasi dalam Tabut.

Seiring perkembangan zaman, ritual adat Tabut pun mengalami perubahan. Saat ini Tabut tidak hanya berupa ritual keagamaan namun juga sebuah festival budaya. Perubahan ini tentu menghasilkan dampak positif dan negatif bagi eksistensi Tabut sendiri.  Seperti apa tanggapan Keluarga Tabut dan Pemerintah Bengkulu mengenai perubahan ini? Simak tayangan lengkapnya dalam Tanah Air episode Tabut Bagian Keempat!

Sumber : Kompas TV
KOMENTAR DISINI
Recommended Video

Realita: Trotoar

16 Desember 2014

Tips Safety Riding

15 Desember 2014

Citra Pariwara 2014 Drone

11 Desember 2014